Thursday, November 09, 2006

Berapa

Berapa revenue global sebuah industri otomotif, sebut saja Toyota dalam setahun. Berhasil membuat sekitar 8 juta unit mobil dan bila dimudahkan harga per unitnya 100 juta maka setidaknya teraup sekitar 800 triliun per tahun. Revenue ini hampir setarakah dengan jumlah asset seluruh perbankan tanah air. Memang hanya perusahaan global yang mampu menghasilkan revenue sebesar ini. Perusahaan local wah nanti dulu, boro-boro triliunan.

Berapa revenue terbesar perusahaan kita. Katakanlah Telkomsel dengan sekitar 24 triliun, Astra dengan sekitar 13 triliun per tahun. Berapa pula revenue Pertamina atau BUMN lainnya. Adakah yang tembus 50 triliun barangkali, nampaknya belum kali yaa.

Berapa jumlah karyawan Toyota secara global? Di bawah 100 ribu orang nampaknya dan terlihatkah tingkat produktifitasnya yakni dengan membandingkan besarnya revenue tadi. Berapa pula jumlah karyawan seluruh perbankan nasional? 200 ribu atau lebihkah. Berapa juga revenue-nya. Produktifkah?

Berapa asset pribadi Bill Gates yang konon mencapai 45 milyar dollar atau sekitar 40 triliun. Atau asset Sultan Bolkiah dari Brunei yang bersaing ketat dengan Bill Gates. Koleksi mobil Bolkiah yang mencapai 2000 unit dan semuanya berharga mahal.

Menjadi pejabat di Indonesia belakangan marak diramaikan dengan pelaporan jumlah asset. Ada pejabat yang beraset mulai dari 600 juta rupiah, 2 milyar, 7 milyar sampai di atas 1 triliun.

Berapa biaya kampanye sepasang calon gubernur? 50 milyar rupiahkah?

Berapa gaji seorang CEO di Indonesia per bulan. Ada yang bergaji 50 juta rupiahkah atau 150 juta rupiahkah - per bulan. Berapa gaji pegawai negeri. Adakah yang masih di bawah 1 juta rupiah atau ada yang 4 juta rupiah.

Berapa jumlah penduduk kita, 250 juta orangkah. Trus berapa hutang kita, diatas 200 milyar dollar kah. Berapa APBN kita, 600-an triliun rupiahkah.

Berapa harga sebuah mobil formula satu, 120 milyar rupiahkah. Dan berapa harga sebuah motor GP? 25 milyarkah.

Berapa harga tiket penerbangan London ~ New York dengan pesawat Concord? 80 juta rupiahkah?

Berapa tuntutan Tata, mantan istri Tommy? Konon 200 milyar. Hmm berapa penghasilan buruh bangunan per hari? 25 ribukah. Berapa biaya masuk kuliah di UI? 4 juta rupiahkah.

Berapa jumlah penduduk dunia? 6 milyarkah. Berapa umur bumi ini? Ribuan atau jutaan tahunkah.

Berapa tahun lagi akhirnya kiamat akan datang? 160 tahun lagikah?

No comments: