Tuesday, August 11, 2009

2012 : Akhir dari Matahari Kelima


Aspek tertentu saling mengikat dari sistem kalender Maya telah tersaring oleh kesadaran umum dalam satu setengah decade terakhir. Salah satunya adalah prediksi bahwa kita akan tiba pada akhir siklus planet-matahari tahun 2012. Tapi apakah siklus ini tepatnya dan mengapa berakhir pada musim dingin dimana matahari tepat ditengah dari tahun mendatang yang bisa terjadi? Apakah dunia akan berakhir sebagaimana sebagian orang ramal?

Pemikiran suku Maya tentang sejarah waktu dan manusia bergerak dalam siklus, kecil maupun besar. Sementara kita menggunakan satu jenis kalender untuk mencatat rangkaian matahari tahunan dan menandai seluruh hari penting dalam setahun, Suku Maya menggunakan beberapa kalender. Kalender tersebut termasuk kalender matahari 365 hari, kalender sacral 260 hari dan sebuah kalender perhitungan panjang (long count) yang mengoperasikan sesuatu seperti odometer dengan tanggal mulai nol. Tidak seperti kalender lain long count berdetak secara waktu linier dan diprogram setelah waktu elapse 5125 tahun.

Long count dimulai pada titik siklus saat itu dikenal sebagai matahari kelima pada 3114 sebelum masehi. Ini akan membutuhkan sejumlah tahun untuk menggenapi suatu siklus penuh dari lima matahari pada 21 Desember 2012. John Major Jenkins telah menyusun suatu hal bahwa tanggal ini sesuai dengan dua pelurusan utama, (satu antara musim dingin dimana matahari tepat ditengah dan galactic equator, lainnya mendekati antara matahari tepat ditengah dan inti galactic) dan ini juga melengkapi siklus perbintangan utama selama 26.000 tahun. Kita tidak mempermasalahkan tesis ini melainkan mencari tahu apakah kesemuanya sebagai akhir dari siklus matahari, matahari kelima?

Suku Maya memulai Long Count mereka pada apa yang mereka referensikan sebagai kelahiran Venus. Para ahli tidak pernah bisa menentukan apa yang bangsa Maya referensikan dan tak satupun memiliki peneliti alternative. Meskipun demikian kalender sacral mereka, Tzolkin menempatkan siklus synodic dari Venus pada sebuah peran sentral. 104 tahun siklus putaran Venus (2 putaran kalender selama masing-masing 52 tahun), merupakan peristiwa seremonial sangat penting karena merupakan titik waktu dimana matahari dan kalender sacral saling meluruskan dengan siklus Venus.

Kita perlu menyisipkan progression numeric yang penting pada titik ini guna menyediakan dasar bagi sisa artikel ini. Angka 13 adalah nomor akar bagi bangsa Maya. Ini digunakan sebagai keduanya - nomor utama dan nomor kedelapan dalam seri Fibonacci penting yang merupakan sebuah sumber dari Rasio Golden, 1618.

JIka kita menggunakan 13 sebagai akar system kalender Maya akan diperoleh hasil berikut : 13, 26, 39, 52, 65, 78, 91 dan 104, yang diperoleh dengan hanya menambahkan 13 ke setiap bilangan sebelumnya. Ini adalah nomor kunci bagi kalender Maya dan mereka memiliki dasar ilmiah yang solid. Venus merupakan komponen sentral dari kosmologi Maya. Hal ini masuk akal bahwa tetangga planet terdekat kita disebut saudara perempuan planet bumi. Mereka memiliki suatu fase terkunci siklus orbit dengan dasar rasio 13 : 8. Ini berasal dari fakta bahwa Venus berputar mengelilingi matahari 1.6 kali lebih cepat ketimbang bumi sehingga 13 putaran Venus sama dengan 8 tahun.

Kenapa ini penting? Dengan meletakkan Venus sebagai komponen kunci dari kalender sacral mereka dengan sendirinya membangun rasio Golden (1.6) ke dalam system karena rasio menetapkan perbedaan antara siklus orbit dua planet. Dengan menggunakan 13 sebagai nomor akar mereka juga memasukkan pengali yang penting, atau power dari tiga belas – 13.000 dan 26.000- atau setengah sebagaimana jumlah tahun sebelumnya. Kita lihat bahwa 5 matahari, masing-masing berumur 5125 tahun, juga ditambahkan ke tahun perbintangan utama.

Kita dapat memecah nomor ini dengan cara berbeda dan masing-masing akan menunjukan bahwa tidak ada perbedaan tentang system Maya. Kita sedikit arogan kurang menganggap budaya lain menjadi keyakinan sampai kita datang pada nomor 13 dan permukaan ketidakrasionalitas kita. Namun marilah menguji seberapa dalam melekat nomor ini – seperti 26, 52 dan 91 – ada dalam kalender kita. Tahun kita dibagi menjadi empat musim merupakan batas dari equinoxes (antara 21 maret sampai 22 september dan solstices (matahari tepat diantara utara dan selatan).

Masing-masing dari empat musim adalah 91 hari atau 13 minggu, yang memberikan kita setahun adalah 52 minggu. Kita lihat kunci Maya progression numeric basis 13 menggambarkan kalender kita. Setengah tahun adalah 26 minggu. Ini di luar cakupan artikel ini untuk berupaya mendapat semua bagian yang rumit dari kalender Maya dan system matematika; mereka luar biasa ahli dalam bidang ini.

Apa yang kita ungkap selama decade penelitian ke dalam topic ini adalah dua kunci krusial untuk memahami system : Transit dari Venus dan siklus output matahari. Ini terjadi bahwa tahun akhir 2012 sesuai dengan siklus transit Venus yang terjadi dua kali pada 10 tahun mendatang di 2004 dan kemudian 2012. Seperti disebutkan diatas Venus adalah sentral kosmologi Maya. Long Count mulai dari apa yang bangsa Maya sebut kelahiran Venus sehingga ini barangkali tidak mengherankan bahwa berakhir pada transit dari venus.

Penelitian ini telah mengungkap bahwa transit venus terjadi pada 1518 dan 1526. Ini periode ketika Cortez mendarat di pantai Yucatan dan menaklukan kekaisaran Aztec. Transit berikutnya adalah 1631 – 1639. Ini diikuti oleh pemberhentian total dari siklus titik matahari, yang berakhir selama 70 tahun (ilmuwan tidak bias menjelaskan kejadian ini). Jaman es kecil terjadi antara 1645 dan 1720. Apa yang kita ketahui terkait dengan transit berikutnya pada 1761 – 1769? Kita menemukan dimulainya revolusi Amerika.

Tidak ada keraguan bahwa transit venus merupakan pelurusan penting apa yang terjadi mendatang bagian dari kalender Maya. Kita tidak harus menunggu lama membuktikan teori ini dan mendapat gambaran singkat 2012 selama tahun yang disebutkan. Namun pada kenyataanya sebagaimana Jose Arguelles dan lainnya telah tunjukkan sebelumnya tahun dimulai 1987 dan tahap akhir dari siklus sebenarnya bergerak pada 1991 – 1993. Bagaimana kita tahu? Ada gelombang luar biasa pada angka dan bencana alam raksasa dan ini juga ramalan sebagai pertanda kegagalan matahari kelima.

13.000 tahun merupakan periode waktu sangat penting karena kita tahu bahwa jaman es terakhir segera usai. Ini menunjukan bahwa ada periodic menuju siklus output matahari. Ada fluktuasi pendek dan panjang dalam output matahari dan sebagai hasilnya jaman es besar, jaman es kecil dan antar jaman es yang panas, dimana sangat dekat dengan saat ini.

Musiman alamiah dari pola cuaca jangka panjang yang telah terbentuk merupakan variable alami dari aktifitas matahari. Kita tahu bahwa benar karena kita telah berada di periode pemanasan global selama 300 tahun terakhir. Jaman es kecil mulai mencair awal 1700 an ketika siklus pancaran matahari datang. Tingkat dari kegiatan matahari terus meningkat pasti dari poin nol naik menjadi siklus pancaran matahari tahun 1989 – 1990 dan dua kali lipat pada 2000 – 2002.

Ini kejadian beruntun bahwa 2012 juga terjadi dengan maksimum panas pancaran matahari berikutnya? Puncak sesungguhnya dari siklus 300 tahun meningkatnya output panas terjadi tahun 1960 ketika sejumlah pancaran matahari melebihi 200, puncak umumnya sekitar 100 – 150. Sekarang, apa yang menarik adalah selama setengah pertama dari abad 20 gerakan bumi dan kegiatan gunung berapi secara berbandingan cukup tenang.

Kemudian setelah 1960 tingkat gerakan dan kegiatan gunung berapi meningkat konstan ke poin yang tahun 1990 secara akurat disebut decade bencana. Gempa bumi besar dan letusan gunung berapi secara radikal dimulai dari decade sebelumnya. Menurut kepala ilmuwan untuk reasuransi terbesar dunia perusahaan Zurich Re, sejak 1960 bencana alam merupakan industri yang tumbuh.

Kita hamper tidak perlu menyebut pemanasan global karena ini secara konstan selalu menjadi headlines. Namun, kebenaran jelas bagi mereka yang peduli memperhatikannya. Bumi telah menjadi semakin panas selama 13.000 tahun dengan periode dingin jangka pendek. Bagaimanapun output panas merupakan mekanisme pendorong di belakang pemanasan global dan matahari kelima melekat erat fenomena itu. Apa arti sebenarnya dari akhir matahari kelima ? (to be continued)

2 comments:

sang pendekar said...

hanya tuhan yang tahu kapan berakhirnya kehidupan di dunia ini..

oia, jangan lupa mampir ke sini ya...

Information Technology Blog said...

great post. thank for share. I really need something like this.

and dont forget to pay a visit here