Tuesday, December 20, 2005

MOBILKU.COM

Acura

Merupakan divisi mobil mewah Honda yang diciptakan pada 1986, sebelum Toyota mengenalkan divisi Lexus-nya. Sebagian besar komponen Acura sama dengan Honda. Misalnya Acura Integra merupakan versi mewah dari Honda Civic, dan TL (semula dikenal sebagai Legend) berasal dari Accord. Acura juga telah memproduksi NSX pada awal tahun 90, mobil sport mid-engine buatan Jepang yang pertama, untuk menyaingi Ferrari.

Alfa Romeo

Divisi mobil sport Fiat ini terkenal berpenampilan menarik, nyaman dikendarai dan yang lebih penting, mesin yang hebat. Didirikan pada 1910 oleh sekelompok pecinta mobil yang menamakan diri Anonima Lombarda Fabbrica Automobili (ALFA). 1915 dibeli Nicola Romeo yang kemudian menyumbangkan namanya. Jadilah Alfa Romeo. Sebelum era Ferrari, Alfa Romeo adalah sport car paling prestisius. Model-model pra PD II-nya yang terkenal adalah seri 6C dan Seri 8C. Pasca PD II, kejayaan Alfa Romeo mulai surut, hingga 1986 Fiat mengambil alih dari pemerintah Italia yang membelinya pada 1933. Sepuluh tahun terakhir, Alfa Romeo berjuang keluar dari kesulitan keuangan dan kini telah menapak jalurnya. Model-modelnya yang terkenal paska PD II adalah Duetto/Spider, Alfasud dan GTV6. Kini dari pabriknya di Milan dan Naples, Alfa Romeo menggeliat kembali.

Audi

Divisi mobil mewah VW yang terkenal dengan system all-wheel Drive Quattro. Audi memproduksi sedan sport dan wagon nan canggih, diantaranya A4 dan A6, untuk bersaing dengan BMW dan Mercedes-Benz. Audi juga melahirkan coupe/convertible sport Audi TT yang disainnya banyak dipuji, karena kecanggihan teknologi dan system keselamatannya. Audi didirikan empat produsen mobil kecil tahun 1932 yaitu Audi, Horch, Wanderer dan DKW. Logo empat lingkaran melambangkan empat perusahaan ini. Sempat di kuasai DaimlerChrysler di era 50-an, Audi menjadi bagian VW sejak era 60-an.

BMW

Perusahaan Jerman ini terkenal karena reputasinya sebagai produsen sedan sport kelas dunia. Perhatian BMW pada kemampuan tinggi dan ketepatan pengendalian seimbang dengan tingkat kenyamanan dan teknologi keselamatannya. Kecuali X5, 325xi dan 330xi, semua mobil BMW menggunakan penggerak roda belakang untuk mengoptimalkan sporty handling-nya. Model BMW meliputi sedan seri 3, 5 dan 7 ; Wagon ; Coupe seri 3, 6 (628i, 635i pada tahun 80-an), dan 8 (840i & 850i pada tahun 90-an) ; roadster Z3 dan Z8. BMW X5 saat ini telah menggantikan posisi ML320 menjadi SUV paling hot di beberapa negeri, termasuk Amerika. BMW akan terus mengembangkan SUV-nya melalui X3, disusul X7.

Chrysler

Merupakan perusahaan terkecil dalam gabungan yang membentuk Daimler Chrysler Corporation. Walaupun demikian, dibawah pimpinan Mr. Lee Iacocca sekitar era awal 80-an, Chrysler berhasil menjadi salah satu dari top ten produsen mobil terbesar di dunia. Sebagai bukti, tahun lalu perusahaan ini telah menjual 3 juta unit kendaraan di Amerika saja. Chrysler Corporation memasarkan kendaraan dengan empat merek, yaitu Chrysler, Dodge, Jeep dan Plymouth. Produk-produknya yang terkenal adalah Chrysler PT Cruiser dan Voyager minivan, yang juga dinamakan Dodge Caravan (best selling Van di Amerika), serta Plymouth Voyager. Chrysler juga telah menunjukkan kemampuannya membuat super sport car Dodge Viper, yang setara dengan Ferrari dan Porsche.

Daewoo

Masuk ke USA mulai 1998 dengan merek sendiri. Sebelumnya, konglomerat Korea Selatan ini memasok small car Pontiac LeMans kepada General Motor sejak akhir 1980-an. Untuk bersaing, Daewoo menjual mobilnya dengan harga murah meskipun perlengkapannya lebih banyak dari pesaingnya. Saat ini, Daewoo telah bangkrut dan ditawarkan kepada GM. Salah satu modelnya yang kompetitif adalah Matiz. Daewoo terkenal karena disain-disainnya yang indah.

DaimlerChrysler

Merupakan perkawinan Daimler-Benz dan Chrysler pada 1998. Daimler-Benz produsen Mercedes-Benz dan Chrysler produsen ke-tiga terbesar USA yang memiliki beberapa merek. DaimlerChrysler kini juga menguasai saham mayoritas Mitsubishi.




Ferrari

Didirikan pada 1929 oleh Enzo Ferrari yang kemudian terlibat dalam berbagai balap mobil. Di Formula 1, Ferrari berkali-kali menang. Usai PD II, yaitu 1947, Ferrari mulai memproduksi mobil jalan raya yang mengangkat nama Ferrari sebagai mobil sport paling dikenal di dunia. Model-modelnya yang terkenal, Testa Rossa, 250 GTO, 365GTB/4, 246GT(Dino), F40 , 550 Marnanello dan F355. Sejak 1969, Ferrari diambil alih Fiat. Luca di Montezemolo, chairman terbaru Ferrari melakukan restrukturisasi besar-besaran. Targetnya, membuat mobil yang lebih mudah dikendarai (user-friendly), namun tidak menghilangkan daya tariknya selama ini. Saat ini produksi pabriknya di Maranello, Italia rata-rata 3,300 unit/tahun, lebih sedikit dari Porsche dan lebih besar dari Lamborghini.

Fiat

Fiat -Fabbrica Italiana Automobili Torino- didirikan pada 1899 di Turin dan kini menjadi salah satu dari enam besar perusahaan otomotif di Eropa dan menguasai hampir 90 persen pasar otomotif Italia. Mobil pertamanya, Model4HP diproduksi 1904. Sejak managing director Giovanni Agnelli mengimpor pola produksi massal gaya Amerika pada 1910, produksi Fiat melonjak. Dibangunlah pabrik Lingotto yang dalam sekejap menjadi symbol industri Italia. Sempat anjlok pada PD II, Fiat kembali meluncurkan mobil-mobi laris seperti Fiat 500 dan 600. Fiat terus berjaya dan mencapai masa keemasan antara 1959 - 1969. saat itu produksi Fiat tumbuh dari 425,000 menjadi 1,751,400 unit.. Dekade 70-an bintang Fiat mulai pudar akibat pemogokan dan krisis minyak. Namun Fiat lebih baik dari rivalnya hingga pada 1978 menguasai Lancia, disusul Alfa Romeo pada 1986. Sebelumnya, 1969, Fiat menguasi 50% Ferrari. 1993 Fiat membeli 50% saham Maserati dari De Tomasso. 50% saham sisanya dibeli 1997. Sejak era 80,-an berkat kesuksesan Fiat Uno dan Punto, kejayaan Fiat kembali lagi. Pada Maret 2000, Fiat barter 20% sahamnya dengan 5.1% saham GM untuk memperkuat posisinya dari serbuan kompetitor asingnya seperti Toyota, BMW, Peugeot dan Renault. Dalam sejarah otomotif dunia, Fiat-lah yang mempelopori penggunaan platform yang sama untuk beberapa model.

Ford

Didirikan sejak 1903 oleh Henry Ford, yang terkenal memulai mass production automobile melalui model “T” awal tahun 1910-an. Saat ini, Ford menjadi produsen mobil terbesar ke-dua di dunia. Ford kini menguasai merek-merek Aston Martin, Jaguar, Land Rover, Volvo dan menguasai sebagian saham Mazda. Produksinya mulai sedan, wagon hingga truk. Ford Explorer dan Ford Mustang, adalah SUV dan sport car paling populer di USA. Divisi mobil mewahnya, Lincoln, pernah digunakan sebagai kendaraan resmi Presiden USA di era 60-an. Ford juga menguasai merek Mercury. Penjualan mobil group Ford ini pada tahun 2000 mencapai 7.4 juta unit di seluruh dunia.

General Motor

Produsen mobil terbesar di dunia ini didirikan 1908. Anak perusahaannya tersebar di seluruh dunia, mulai dari USA, Jepang, hingga China. Merek-merek yang dikuasainya, di Amerika ada Chevrolet (entry level), Buick (mobil untuk para eksekutif), Cadillac (mobil Amerika paling mewah, juga mobil presiden Amerika), Oldsmobile (mobil eksekutif), Pontiac (mobil sport sedan & coupe seperti Trans Am) dan Saturn (mobil mini). GM juga menguasai saham di Isuzu, Subaru, Suzuki dan Saab, produsen otomotif ke-dua terbesar di Swedia. Di Eropa, GM memiliki Opel, Vauxhall, dan Saab. GM juga mengontrol Holden Australia, yang saat ini hanya memproduksi tipe Commodore, menggunakan mesin dari Detroit.

Honda

Pada awalnya Honda adalah produsen sepeda motor dan mulai memproduksi mobil pada 1962. Perusahaan yang di dirikan Soichiro Honda ini, diuntungkan oleh terjadinya krisis energi dunia awal 70-an. Senjata utama produsen mobil ke-dua terbesar di Jepang ini adalah inovasi dan disain. Honda juga dikenal sebagai produsen mesin terbesar di dunia dan segera memasok mesin untuk GM. Merek Honda hampir sinonim dengan kehandalan. Sebagai contoh, Honda Accord adalah salah satu best-selling car di Amerika. Produk Honda mulai dari sedan kecil City, lalu Civic dan Accord, hingga SUV kecil CR-V dan minivan Odyssey. Honda juga telah menambahkan Van kecil yang dinamakan Stream, berbasis Civic. Mobil Honda terkenal dengan harga jual kembali yang selalu bagus.

Hyundai

Konglomerat Korea Selatan ini mulai menjual mobilnya di USA sejak 1986, dengan model Excel yang dijual sangat murah $4,995. Hingga kini mereka menjual mobilnya lebih murah dari kompetitornya. Meskipun pada awalnya reputasi mereka jatuh gara-gara kualitas yang buruk. Hyundai kini mulai menikmati tingkat penjualan yang mengesankan di USA dan belahan negara lainnya. Produknya, Sonata, Elantra, SUV Santa Fe dan Terracan. MPV Trajet dari Hyundai, tahun lalu menjadi best-selling Van di Singapura.

Infiniti

Divisi mobil mewah Nissan yang memasarkan versi mewah sedan Nissan seperti I30 (dari Cefiro), Q45 (dari Cima), dan SUV QX4 (berbasis Pathfinder). Infiniti disiapkan untuk bersaing dengan Lexus, divisi mobil mewah Toyota, namun hingga kini masih belum mampu menandingi kesuksesan Lexus. Mobil Infiniti dikenal sebagai salah satu sedan mewah yang sangat mulus saat penggantian gigi.

Isuzu

Produsen mobil ke-enam terbesar di Jepang ini terkenal sebagai produsen SUV, meskipun pada 80-an hingga awal 90-an juga memproduksi sedan kecil. Sebagian sahamnya dikuasai General Motor Corp.. Fasilitas produksinya di Amerika Utara berbagi dengan Subaru, yang juga dimiliki GM. Produknya mulai dari Rodeo Sport yang kecil hingga Trooper. Di Indonesia, Isuzu terkenal dengan produknya Panther dan Elf. Posisi Panther di Indonesia saat ini tergeser Mitsubishi Kuda, yang hadir dengan harga lebih kompetitif. Isuzu kini sedang bergulat dengan penurunan penjualannya.

Jaguar

Produsen mobil Inggris ini bertahun-tahun dikenal sebagai produsen mobil sport dan balap. Sejak bergabung dengan Ford di awal 80-an, Ford berhasil mengatasi kelemahan-kelemahan Jaguar. Mobil mewah ini kini bersaing dengan BMW dan Mercedes-Benz. Popularitas Jaguar semakin mendunia setelah S-Type diluncurkan, yang menyaingi Mercedes E class dan BMW seri 5, juga telah menghasilkan peningkatan dari penjualan merek tersebut. Dalam tahun 2001, Jaguar juga akan memperkenalkan sedan mewah mini-nya yang dinamakan X-type, untuk merebut pasar BMW seri 3 dan Mercedes C class. Selain itu, Jaguar juga terkenal dengan tipe XJ6 , XJ8 dan XJ12-nya yang sekelas dengan Mercedes S class. Untuk mobil sport mewah ada Jaguar XK8.

Jeep

Nama Jeep berasal dari Perang Dunia II, dari nama GP (General Purpose), mobil kecil serba guna dengan penggerak empat roda untuk kepentingan militer. Saat ini SUV produksi Jeep jauh lebih nyaman dari generasi GP leluhurnya, walaupun kemampuan off road-nya tetap tangguh. Produknya antara lain, Jeep Wrangler, Cherokee, dan Grand Cherokee. SUV merek ini banyak dimiliki oleh yuppies (young professional) di USA, karena harga-nya jauh lebih terjangkau dibanding SUV impor.

Kia

Sebelum diserap Hyundai pada 1999, Kia merupakan produsen mobil ke-tiga terbesar di Korea Selatan. Sempat bekerjasama dengan Tommy Soeharto yang menghasilkan sedan Timor di Indonesia. Kia masuk pasar USA pada 1994 setelah sebelumnya memproduksi Aspire dan Festive untuk Ford. Strategi pemasarannya senada Hyundai dan kini mulai menuai hasilnya. Line-up mulai dari sedan Sephia, Shuma, MPV Carnival, Carens hingga SUV Sportage.

Lamborghini

Hingga kini belum ada yang mampu menggantikan posisi Lamborghini sebagai pesaing utama Ferrari. Didirikan awal 60-an oleh Ferrucio Lamborghini, produsen traktor yang kesal dihina Enzo Ferrari. Mobil pertamanya, 350 GTV di pamerkan di Turin Auto Show dan langsung jadi bintang. Selama satu dekade kemudian, dari pabriknya di Sant’ Agata, dekat pabrik Ferrari, Lamborghini menghasilkan mobil-mobil baru seperti Miura dan Countach, yang diakui sebagai the greatest supercars sepanjang masa. Krisis keuangan memaksa Ferrucio Lamborghini menjual perusahaan pada 1972 dan sejak itu berpindah tangan termasuk ke Chrysler dan juga Tommy Soeharto. 1998, Volkswagen melalui Audi mengambil alih Lamborghini. Awal 90-an, Lamborghini meluncurkan Diablo yang hingga kini diproduksi dengan aneka macam variannya.

Land Rover

Mobil ini banyak digunakan oleh Royal family di Inggris, juga selebritis di Hollywood. Didirikan pada 1948, dan sejak itu kondang sebagai produsen mobil off-road. Ketika SUV belum populer, hanya ada dua pilihan mobil untuk mengarungi medan off-road, Land Rover dan Toyota Land Cruiser. Kini Land Rover memproduksi beragam model SUV, mulai dari yang mewah seperti Range Rover 4.0 dan 4.6, hingga yang lebih kecil, Defender, Discovery dan mini SUV-nya Freelander.


Lexus

Merupakan divisi mobil mewah Toyota yang didirikan 1989. Hanya dalam satu dekade, Lexus menggeser nama-nama besar seperti Mercedes-Benz, BMW, Cadillac dan Lincoln, yang bertahun-tahun merajai pasar mobil mewah di USA. Lexus yang hanya dipasarkan di beberapa negeri seperti USA, Hongkong, Korea Selatan dan Taiwan ini, terkenal halus mesinnya, ruang penumpangnya senyap, ergonomis, dan sangat handal. Hasilnya, Lexus berhasil merebut pasar mobil-mobil mewah lain yang lebih mahal dan lebih dulu hadir. Model yang ditawarkan adalah SUV mewah LX470 ( berbasis Toyota Land Cruiser), SUV mid-size RX300 (berbasis Toyota Harrier) ; Sport coupe SC430 ; sedan mini IS200 & IS300, sedan ES300 (Camry), sedan Mid-size GS 300 dan GS 430(Aristo), serta sedan mewah sekelas Mercedes S class yang dikenal sebagai LS430 (Celsior). Mobil Lexus dipuji banyak pengamat di seluruh dunia.

Mazda

Saat ini dimiliki oleh Ford. Produsen mobil ke-lima terbesar di Jepang ini terkenal dengan mesin rotary-nya yang sempat menghebohkan lewat mobil sport RX-7. Seiring makin menurunnya permintaan terhadap mobil sport, RX-7 tenggelam pada awal tahun 90-an. Indomobil pernah memproduksi MR90 yang harganya terjangkau pada tahun 80’an, dan entah mengapa dihentikan, mungkin dikarenakan penjualannya yang kurang sukses. Mazda saat ini menawarkan aneka jenis mobil mulai dari sedan kecil 323, wagon, dan SUV. Mazda MPV adalah salah satu multi-purpose-van yang paling awal masuk dalam segmen tersebut, dan sempat menjadi best-selling van di Amerika pada awal 90’an. Mazda kini mengalami masa-masa sulit akibat penjualannya yang menurun dan rugi valas, dan sedang berusaha untuk kembali lagi melalui model-model barunya, seperti Roadster Miata.

Mercedes-Benz

Perusahaan otomotif ke-dua terbesar Jerman ini terkenal sebagai produsen mobil mewah yang menekankan ketangguhan rekayasa daripada sekedar tampil wah. Mercedes-Benz memberi perhatian lebih pada pengembangan teknologi keselamatan. Seperti BMW, semua produk Mercedes-Benz menggunakan penggerak roda belakang atau all wheel drive untuk mengoptimalkan distribusi berat dan pengendalian. Produk paling popular ialah C-class, meskipun variasi modelnya sangat beragam mulai dari Van V-Class (Vito dan Viano), S-Class (sedan mewah), CL (Coupe mewah S class), ML-Class (SUV), SL (Coupe) hingga A-Class (mobil kompak). Mercedes-Benz juga telah kembali memasarkan Jeep G class–nya di Asia dan USA.

Mitsubishi

Salah satu produsen mobil utama Jepang ini memulai produksi massal pada 1959. Kini produksinya mulai dari sedan kecil hingga SUV dan kendaraan niaga. Mitsubishi telah menjalin kerjasama dengan Chrysler lebih dari 25 tahun. Produknya seperti SUV Pajero dan sedan kompak Lancer harum namanya di ajang reli dunia. Setelah diketahui mengelabui konsumennya lebih dari dua dekade, penjualan Mitsubishi anjlok. Kini, Mitsubishi dan DaimlerChrysler -pemegang saham mayoritas- mulai memperbaiki kondisi itu. Mitsubishi menawarkan sedan mulai dari Lancer, Galant hingga yang mewah Diamante (saingan Crown). Untuk pembeli Van, Mitsubishi juga telah menyiapkan MPV Chariot dan Dion. Bahkan untuk mobil sport, model-model yang terkenal dari Mitsubishi, antara lain Starion pada tahun 80’an, 3000GT tahun 90’an, dan saat ini Eclipse (salah satu sport car terlaris di Amerika). Konsumen menggemari merek ini, karena harganya dibawah Honda dan Toyota, sedangkan kenyamanan-nya tidak kurang, bahkan mungkin lebih.

Nissan
Produsen Terrano ini bersaing ketat dengan Toyota dan Honda di USA. Nissan adalah salah satu merek terlaris di Taiwan. Nissan mendapat perhatian pertamakali ketika meluncurkan 240 Z, sedan sport yang dalam waktu singkat menjadi populer dan memenangkan beragam race di USA, yang seterusnya diganti dengan 280ZX dan 300ZX, mobil sport Jepang yang paling laku di USA. Akibat timbunan utang, sebagian saham Nissan dijual ke Renault, produsen otomotif Perancis. Produknya beragam mulai dari sedan Sunny (best-selling car di Singapura), Cefiro (Maxima di USA), dan sedan mewah Cima dan President. Di segmen minivan ada Quest, sedangkan di segmen SUV ada Terrano (Pathfinder) dan Patrol.

Porsche
Perusahaan mobil terkecil di Jerman ini, merupakan produsen mobil sport kenamaan kelas dunia. Porsche mulai memproduksi mobil sport pada 1948. Salah satu produknya, 911 yang pertamakali diluncurkan pada 1963, menjadi legenda dan terus diproduksi hingga kini. Porsche kini juga menawarkan Boxster dengan harga jauh lebih murah dari model Porsche lainya. Saat ini Porsche juga sedang mengembangkan SUV yang dinamakan Cayenne bersama Volkswagen. Produk legendaris Porsche, 911 telah diproduksi lebih dari 34 tahun tanpa henti. Model-model Porsche lainnya adalah 356 (tahun 60’an), 924S, 928S, 930 Turbo dan 944S (akhir tahun 70’an – akhir 80), 959, 993, 968 (tahun 90’an), Boxster, 963, dan 966 Carrera hingga kini. Di antara semua model Porsche, hanya 911 yang tidak pernah berhenti dipasarkan.

Subaru
Terkenal memproduksi mobil-mobil serbaguna, handal dengan harga bersaing. Kini dimiliki bersama General Motor Corp. dan Fuji Heavy Industries. Subaru terus meningkatkan kualitasnya dan satu-satunya produsen yang menawarkan mobil berpenggerak empat roda dengan harga yang menarik. Model-modelnya antara lain Impreza, Legacy dan SUV Forrester yang melahirkan kekaguman banyak orang.

Suzuki
Seperti Honda, Suzuki mulai dengan memproduksi sepeda motor. Sebagian sahamnya dikuasai General Motor Corp. Di Jepang, Suzuki dikenal sebagai produsen minivehicle terbesar. Di USA, produk-produknya terkenal irit dan murah. Di Indonesia, Suzuki terkenal dengan produk-produknya seperti Carry, Vitara dan Escudo.

Toyota

Produsen otomotif terbesar ke-tiga dunia setelah GM dan Ford ini, menapak sukses dengan memanfaatkan krisis minyak awal 70-an. Ketika itu Toyota menawarkan mobil yang irit, murah dan handal. Toyota langsung populer, dan hingga kini kepopuleran itu masih melekat. Di USA, Toyota menjadi produsen otomotif asing terbesar. Produk-produknya terkenal awet, irit dan handal. Di Indonesia juga demikian. Toyota Kijang dan Soluna termasuk mobil paling laris. Model Toyota lainnya yang terkenal termasuk Corolla, Camry (best-selling sedan di USA), Crown, Land Cruiser, MPV Picnic, dan lain-lain.

Volkswagen

VW identik dengan VW Kodok. Produsen terbesar di Eropa ini dikenal sebagai penghasil mobil-mobil ekonomis. Kini VW tercatat sebagai produsen mobil ke-empat terbesar dunia, yang menguasai merek-merek seperti Audi, Bentley, Bugatti, Seat, Skoda dan Lamborghini. Selain terbesar di Eropa, VW juga menjadi produsen mobil asing terbesar di China, pasar potensial yang diperkirakan bisa mengalahkan USA kelak. Mobil-mobil VW yang terkenal diantara lain adalah sedan hatchback VW Golf, sedan kecil VW Jetta, sedan mid-size Passat, dan juga Van Caravelle.

Volvo

Bergabung dengan Ford sejak 1999, mobil buatan Swedia ini punya reputasi sebagai mobil aman, namun membosankan gara-gara disainnya yang kotak. Ford berusaha mempertahankan reputasi mobil aman, namun menawarkan disain baru yang lebih menarik seperti Coupe/Convertible C70, sedan S60, S70, S80 dan Cross Country. Di Indonesia, Volvo adalah salah satu pilihan mobil konglomerat, karena selalu diasosiasikan sebagai mobil menteri.