Wednesday, June 21, 2006

Pasar Mobil Kemayoran

Siang itu pada jam istirahat seperti biasa kita keluar makan. Menu kali ini, karena kemarin-kemarin serba ikan, dicoba ke warung makan padang waykawan dan memesan nasi, telur dadar, perkedel dan sayuran. Selain kolesterol kita juga menghindari keborosan he he, maklum buruh kecil hidup di kota yang serba mahal. Usai santap siang mampir ke mbok yang jual buah dan ambil sepotong papaya, ya biar seimbang nasi dan buah.

Usai makan diajak rekan melihat-lihat pasar mobil kemayoran. Berlima kita jalan menuju bagian barat utara dari Jakarta ini. Habis parker survey dimulai. Melihat luas dan jumlah kendaraan barangkali ini bursa mobil bekas terbesar di tanah air. Sang temen langsung melihat-lihat Honda Oddisey built up Jepang. Hmm mobil lansiran 2003 ini begitu anggun dan mewah. Ngiler juga sih, namun begitu dengar harganya 240 jutaan kontan ngga jadi ngilernya, sudah jelas nggak bakal kebeli.

Habis Oddisey kita ke Honda Stream built up jepang juga. Mobil keluaran tahun 2001 dengan mesin 2000 cc ini mempunyai sun roof dan jok leather. Harga yang ditawarkan 145 juta perak. Nggak jadi ngiler lagi, habis nggak kebeli juga. Lain tempat ada Honda jazz keluaran 2004 warna biru. Kata dealernya sih harga sekitar 115 juta, ehh nggak kebeli juga. Heran nih semua harga kok ngga kebeli yaa. Ya jelas lah wong saldo di bank memang tidak ada je, sementara gaji bulanan pas-pasan. Ini bagi saya loh, tapi bagi temen saya nampaknya memang sudah nyiapain budget tuh, buktinya serius nyarinya. Ya sudah saya sih ikut gembira saja, siapa tahu bila jadi kebeli saya berkesempatan diajak sekali-kali naik mobil built up.

Perburuan-pun dilanjutkan terus dan sempat menjajal oddisey lagi, Honda city, stream lagi, Mitsubishi grandis dan beberapa model lainnya. Kalau diamati mobil yang dipajang umumnya bertahun produksi paling lama 5 tahun, jadi kondisinya umumnya memang masih bagus dan tentunya harga jualnya juga masih tinggi. Kadang ironi juga dikala bangsa kita dilanda krisis tak berkesudahan sekelompok masyarakat masih cukup mantap bergelimang kehidupan mewah. Banyak dari mereka berganti-ganti mobil mewah setiap tahun.

Ada satu unit range rover vogue dipajang, konon harga barunya tembus 1,5 milyar perak. Ada jaguar, mercy, bmw, land cruiser dan banyak lagi mobil yang harga barunya berkisar 1 milyar-an. Tentunya kita tidak menyalahkan pedagang mobil bekas ini, wong mereka juga mencari nafkah dengan jual beli mobil. Hanya kadang sedikit disayangkan sementara saudara kita masih banyak yang hidup di bawah garis kemiskinan, sekelompok masyarakat elit kita mabuk membeli mobil-mobil built up nan mahal bahkan untuk ukuran Negara kaya macam Amerika dan Eropa. Range Rover dan Jaguar itu buktinya, kita lihat tidak banyak orang dari negara maju berkesempatan memiliki mobil mewah tersebut. Namun kalau mereka berargumen- lha uang-uang gue sendiri mau dibelikan barang kan terserah gue toh- hmm ya sah juga kali, lha gimana uang mereka sendiri.

Baiklah, diskusi kesenjangan kadang cukup menyita perhatian kita, maka kita coba ambil sisi positifnya saja. Bahwa cukup positif keberadaan bursa mobil bekas kemayoran ini, karena menjadi tempat pilihan bagi yang belum mampu membeli mobil baru. Umumnya pedagang juga memberikan garansi meski 3 atau 6 bulan. Umumnya lagi dokumen kendaraan juga lebih terpercaya ketimbang pedagang pinggir jalan. Karena toh masih banyak kelas kijang dan panther yang harganya di bawah 100 juta dipajang di sana. Jadi bagi rekan-rekan yang ingin mencari mobil second atau sekedar mencari perbandingan dan survey harga, silakan kelilingi pasar mobil kemayoran. Waktu setengah hari memang tidak cukup untuk mensurvey semua mobil yang dipajang. Selamat berkarya!