Friday, November 10, 2006

Ala Lexus

Sampai awal 1990-an dunia masih mengenal mobil mewah dari benua Eropa dan Amerika. Bisa disebutkan mobil seperti Mercedes, BMW , Bentley atau Jaguar adalah mobil kelas atas dari benua tadi. Sementara dari Amerika bisa disebutkan semaca Lincoln atau Cadillac. Praktis belum ada wakil Jepang dalam kancah persaingan mobil mewah. Sementara trio terkuat Jepang yang berhasil menerobos surga pasar otomotif dunia – Amerika – adalah Toyota, Honda dan Nissan.

Pasar otomotif Amerika yang begitu potensial dengan penyerapan produk otomotif berkisar 15 juta unit per tahun memang menjadi kue rebutan seluruh produsen mobil. Tidak kurang dari puluhan merek impor dan local beradu memasarkan produknya dan merebut perhatian pasar. Dari kubu Eropa nampaknya Mercedes, VW dan BMW merupakan yang terkuat sementara dari kubu Jepang wakil terkuatnya adalah Toyota. Bahkan untuk jumlah produk global Toyota sekarang berada di posisi 2 dunia di bawah raksasa General Motor. Sementara grup Chrysler yang sebelumnya runner up merosot di tempat ketiga.

Meksipun besar Toyota sering dijuluki hanya mampu membuat mobil murah belaka. Hal ini bertahan bertahun-tahun sampai petinggi Toyota mencetuskan project mobil mewah-nya. Dibuatlah merek kedua mewakili merek Toyota untuk mobil mewah yakni Lexus. Sekitar tahun 1990 diluncurkan produk pertama mobil mewah lexus dengan kode LS400. Produk ini langsung menggebrak pasar dan menyamai pesaingnya semacam Mercedes, BMW dan Cadillac tadi.

Konsep lexus adalah upaya tiada henti mencapai kesempurnaan. Hal ini terbukti dengan produknya mendapat penghargaan sebagai mobil mewah dengan kepuasan tertinggi. Pasar mobil mewah yang sebelumnya conservative dan monoton didobrak Lexus dengan berbagai terobosan. Awalnya mobil mewah enggan menyebut harganya pada kegiatan promosi-nya. Produsen atau dealer juga sedikit jual mahal dalam pelayanannya. Misalnya mobil yang diservice menginap belum tentu mendapat mobil pengganti.

Lexus mendobrak dengan terang-terangan menyebutkan harga jajaran produknya. Produk andalannya adalah berupa sedan mewah dan disusul dengan sedan sport mewah dan disusul dengan SUV dan jeep mewah. Pelanggan Lexus benar benar diperlakukan bak raja disaat datang ke dealer atau bengkel resmi Lexus. Mobil pengganti disiapkan dan pelayanan dilakukan jauh melebih harapan pelanggan.

Tidak butuh waktu terlalu lama yakni hanya sekitar satu decade saja dari tahun 1990 Lexus menjadi salah satu merek premium paling mapan dan disegani di Amerika. Badan Independen Survey kepuasan pelanggan Amerika – JD Power berkali-kali menganugerahi Lexus sebagai merek dengan kepuasan tertinggi. Lexus juga dibekali dengan berbagai teknologi dan fitur canggih setara atau melebihi pesaingnya dari Eropa dan Amerika.

Orang kaya Amerika dan Eropa mulai berlomba mengoleksi Lexus sehingga penjualan mobil mewah ini berhasil menggungguli merek lainnya. Produk Lexus nampak seolah mengadopsi Mercedes namun dibuat dengan lebih bagus lagi. Konon hal yang begitu menonjol dari Lexus adalah suspensi super nyaman dan kesenyapan kabin yang nyaris sempurna. Selebihnya adalah factor reliability produknya dimana menurut salah satu survey pelanggan pembeli Lexus mengalami keluhan di bawah 10 item dari ribuan item cek list selama kepemilikan 3 bulan pertama. Prestasi ini berkali-kali dipertahankan dan menjadi merek dengan kepuasan tertinggi.

No comments: