Wednesday, November 21, 2007

Analisis otomotif "new corolla 2008"



Desain corolla 2008 adalah pertaruhan manakala new civic sudah lebih dulu merelease model dengan totally new engine dan bodi. Civic sengaja mendesain total mesin dan bodinya untuk mendapat kompromi terbaik performance dan efisiensi. Desain bodi-pun mendapat rombakan total dan lahirlah the real new civic.

Sepanjang 2007 praktis civic melenggang sendirian manakala corolla altis hanya mampu membuat face lift kecil2an. Bukan rahasia lagi bahwa civic merupakan seteru utama nan abadi dari corolla. Corolla adalah salah satu motor dan jiwa Toyota dan bila gagal maka akan berdampak sangat serius bagi market Toyota bahkan secara global. Dari puluhan modelnya pabrik Toyota membuat corolla lebih banyak dari model apapun. Bahkan setiap 6 mobil yang diproduksi Toyota 1 diantaranya adalah corolla. Kenapa altis yang direlease pertama tahun 2001 sampai 2008 masih belum mengalami rombakan yang berarti. Cycle desain jepang yang biasanya setiap 4 tahun nampak kurang berlaku di altis, kenapa karena Toyota menganggap desain corolla lebih menentukan ketimbang model lainnya. Namun pabrik adalah pabrik, mereka tetap memiliki pertimbangan utama efisiensi meskipun ragam inovasinya begitu melimpah. Akhirnya corolla totally new desain keluar juga namun nampak tidak terlampau jauh dari model new Vios dan new camry. Bahkan terlihat model new corolla pada dasarnya hanyalah model tengah antara Vios dan Camry. Hanya kapan bakal di rakit di astra kerrawang masih belum ada kepastian,,,,,, Kalau melihat modelnya nampaknya lebih kental desain Eropa-nya. Belum lupa Toyota memperbaruhi beberapa modelnya seperti Yaris, Verso dan barangkali Camry (meskipun ini mobil suksesnya di Amerika). Entah kenapa New Corolla keluar juga, di Detroit Motor Show (Amerika) dengan model kompromi antara Yaris, Vios dan Camry. TAM harus belajar ketika Camry sukses mengungguli Accord di Amrik, model yang sama dimasukkan ke Indonesia dan hasilnya adalah NGGAK LAKU. Coba lihat Camry tahun 1999 dengan lampu sipit di buritan ternyata hanya laku satu dua biji, jauh dibawah Accord. Dan meskipun desain buritan dirubah dan lampu dibuat dinamis ternyata tidak banyak menolong. Akhirnya dibuatlah desain Camry (2002) dan diperbarui total new Camry di 2007 (seperti kendaraan dinas menteri) dan nampaknya mulai diterima pasar Indonesia. Nah kalau diskusi ini dibaca oleh TAM (he he GR ya), maka Corolla desain Detroit jangan serta merta masuk ke Indonesia dulu namun carilah selera pasar Indonesia seperti apa. New Vios dirombak total dengan meniru model new Camry, namun belum bisa disimpulkan sukses. Kalau New City nampaknya terbilang sukses karena data penjualan mengatakan demikian dan kita tidak sulit melihat kanan kiri kita berkeliaran new City ini. New Civic memang belum sepenuhnya sukses, namun masa edarnya juga baru tahun ini setelah sebelumnya model Civic VTI yang bersaing ketat dengan Altis. Nah new Corolla 2007 bisa saja masuk Indonesia dengan catatan new Vios sukses, karena modelnya mirip-mirip. Tapi mengukur kesuksesan Vios agak bias karena dijual sebagai taxi juga. Peta persaingan abadi barangkali bisa kita lihat sebagai berikut Corolla DX – Civic Excelent, Corolla Salon – Civic Wonder, Corolla Twincam – Civic Grand, Great – Genio, All new – Ferio, Altis – VTI, Altis face lift – New Civic,,,,,dan selalu Honda unggul di kenyamanan dan performance sementara Toyota unggul di reliability dan kehandalan. Untuk depresiasi keduanya 11, 12 lah, beda tipis. Toyota Tokyo boleh jadi tidak melihat pasar Indonesia sebagai salah satu pasar penting mereka. Asalkan di Amerika-Eropa Corolla bisa unggul atas Civic ya sudah model tersebut yang akan disebar ke sisa Negara lainnya. Hanya kita belum mendengar apakah memang Corolla saat ini bisa dibilang unggul atas Civic. Sebagaimana release dari Toyota grup bahwa saat ini jumlah akumulasi global corolla menuju 30 juta !! sementara jumlah terjual corolla di tanah air dari tahun 1970-an sampai hari ini hanya sekitar 160 ribuan atau sekitar 0,5% saja. Kalau kita lihat penjualan corolla di Amrik per tahun angkanya sekitar 300rb dan merupakan salah satu sedan entry level terlaris. Juga merupakan mobil yang paling diincar para pencuri. Pada saat sama kita juga tahu belaka bahwa Civic merupakan model terfavorit untuk segmen muda dan ajang sport/race jalanan. Mayoritas mobil yang dimodif untuk tujuan sport adalah Honda dan salah satunya Civic. Dan dari catatan di majalah Caranddriver umumnya penjualan Civic selalu kejar mengejar dengan Corolla. Tidak usah jauh-jauh di tanah airpun mobil yang paling banyak dimodif baik mesin ataupun bodi adalah Honda, karena modelnya yang sporti. Namun bicara desain orang belum lupa bahwa Lexus- anak perusahaan toyota merupakan desain yang tidak saja 3 dimensi namun boleh dibilang 4 dimensi. Sebuah lexus adalah hasil dari desain extra rumit. Juga bicara desain ada beberapa model toyota yang jauh lebih sporti dan extrem dari Honda semisal Toyota Celica, MRS, Supra, Camry Solara dan yang terakhir model hybrid Prius.

Kembali kepada corolla 2008 desainnya sebenarnya bisa jadi lebih sulit dari new Civic. Kontur garis bodinya lebih rumit dan dinamis. Kalau diamati perang model-desain Toyota-Lexus versus Honda-Acura memang begitu ketat. Namun dari literatur yang ada ternyata desain Toyota-Lexus dianggap lebih rumit ketimbang Honda-Acura. Ingat saat ini Lexus merupakan brand premium yang sejajar dengan Mercy/BMW/Jaguar/Lincoln sementara Acura masih dianggap satu level di bawahnya. Perkiraannya paling telat akhir 2008 new corolla sudah harus hadir di Indonesia guna menggantikan altis yang sudah dipasarkan penuh secara 8 tahun (2 cycle desain). Masih ingat juga kan tahun 2001 toyota menggulirkan altis dengan tagline « break into style » atau pendobrak kemapanan. Beberapa bulan pertama banyak orang menilai altis culun, tinggi dan aneh. Namun coba hari ini bagaimana orang melihat altis,,,,,ternyata hmmm modelnya oke juga yaa,,, Majalah Amrik umumnya memuji hebatnya otomotif Jepang dalam merakit produknya. Sering ulasannya menyebutkan Toyota menjahit dan merakit produknya dengan begitu presisi dan rapi. Mulai dari era Camry (global) dan Innova (dalam negeri) Toyota telah menerapkan perakitan apa yang disebut GOA (Global Outstanding Assessment). Jadi perakitan sebuah Camry atau corolla benar-benar mensinergikan antara chasis dan plat bodinya. Kita lihat bahwa plat Innova tidak lebih tebal dari kapsul (di bawah 1 mm), namun dengan teknik GOA Innova terlihat memiliki plat yang tebal dan aerodinamis. Padahal kalau kita tekan sedikit saja platnya bakal mlesek, namun lentur dan akan kembali semula. Corolla dan Toyota pada umumnya unggul dalam sisi kensenyapan kabin. Kabin begitu senyap karena teknik perakitan sudah mencapai kesempurnaan. Tidak salah JD Power - sebuah konsultan mutu dari Amrik selalu menempatkan Toyota sebagai pembuat mobil dengan reliability terbaik. Bahkan pabrikan Amrik latah meniru teknik pabrikan Jepang dalam merakit mobilnya. Toyota Way, Kaizen dan lain-lain menjadi acuan pemerhati otomotif. Bukunya banyak dicetak dan dipasarkan ke seluruh dunia. Parameternya sangat jelas, Toyota menjadi pabrikan terkaya dengan pendapatan puluhan milyar dollar pertahun. Toyota F-1 pun dikenal sebagai peserta F-1 terkaya dan mampu melkukan RD dengan budget unlimited. Bicara Toyota, ada sebuah kejadian nyata ditanah air. Sebuah jeep CJ-7 dipasang mesin Toyota Supra. Apa yang terjadi, garden CJ-7 jebol tidak kuat menahan tenaga Supra. Akhirnya kaki-kaki Supra sekalian dipasangkan di jeep CJ, barulah jadi jeep dengan akselerasi racing. Artinya apa, sebuah kaki-kaki sedan sport ternyata melebihi kekuatan kaki-kaki jeep sekalipun. Kembali kepada fenomena corolla bahwa Toyota menciptakan subuah produk dengan akomodasi yang kompromi. Katakanlah bisa saja dibuat sedan yang sempurna dan seterusnya, namun hasilnya adalah harga jual yang mahal. Dengan segala keunggulannya (saat ini toyota bisa membuat desain mobil sampai initial product hanya dalam 3 bulan,- yang pabrikan Amrik/Eropa sekalipun belum mampu), kita melihat corolla tentu dibangun dengan kompromi terbaik, trust them. Dan kita akan melihat tahun 2008 adalah kembali debut persaingan ketat entry level (1800-2000 CC- meski bila di Indonesia ini sudah mid level) antara new Civic dan new Corolla dengan perkiraan harga jual di bawah 300 juta.

No comments: