Tuesday, December 09, 2008

How the Best get better

Apa kunci sebenarnya dari seorang pekerja yang terpilih? Menurut psikolog olah raga, pelatih eksekutif Graham Jones, baik bintang atlit maupun orang bisnis berbagi satu keyakinan : Ketangguhan mental. Orang yang menjadi juara tidak harus diperlakukan berbeda ketimbang yang lainnya, mereka hanya lebih mahir mengelola tekanan-pressure, secara hati-hati mengarahkan tujuan dan menempatkan dirinya satu langkah di depan dalam dunia persaingan.

Jones, orang yang mengarahkan penerima medali olimpiade dan eksekutif fortune 500, melihat banyak kesamaan antara area bisnis dan olah-raga, terkhusus perilaku mereka yang mendaki ke puncak teratas. Bintang-bintang ini telah belajar mencintai tekanan karena dapat memacunya menggapai tujuannya. Focus ke dalam dan pengarahan diri sendiri, mereka berkonsentrasi atas kelebihannya dan melupakan kekurangannya. Mereka tidak menjadi bingung dengan kemenangan dan kegagalan orang lain—atau bahkan kesedihan pribadi di luar persaingan. Seperti Darren Clarke, pemain golf yang menginspirasi tim-nya meraih kemenangan Ryder Cup sesaat setelah wafatnya istri tercinta, pekerja yang terpilih adalah master dalam bidang mental. Bangkitnya seorang superstar dari kekalahan relatif lebih mudah, menurut pengamatan Jones, karena mereka tidak terkait dengan penebusan dosa. Salah satu kunci keberhasilan mereka adalah tanpa lelah focus dalam jangka panjang dan secara hati-hati merencanakan tujuan jangka pendek yang akan membantunya mencapai langkah besar. Persaingan tidaklah menakutkan bagi pekerja yang terpilih ini, mereka justru menggunakanya sebagai tantangan—dan mereka tidak pernah berhenti berjuang. Meski telah menjadi benchmark dalam bidangnya, seorang bintang mempertahankan posisinya dengan cara menginventaris ulang dirinya. Seorang eksekutif dunia bisnis handal maupun bintang atlit juga mengakui pentingnya sebuah perayaan kemenangan. Hal ini bukanlah semata hadiah emosional yang penting, namun : Pekerja terbaik akan menganalisis faktor pondasi bagi kesuksesannya, yang membantu mereka membangun keahlian dan keyakinannya.

1 comment:

technology said...

It seems different countries, different cultures, we really can decide things in the same understanding of the difference!
nike shoes