Tuesday, March 03, 2009

ESIA Fun Science


Fun Science merupakan kegiatan inovatif dari ESIA dalam bidang Pendidikan. ESIA mulai merintis kegiatan Coprorate Sosial Responsibilities (CSR) bahkan sejak berdirinya Perusahaan. Saat itu nama ESIA (PT Bakrie Telecom) masih bernama Radio Telepon Indonesia (Ratelindo) yang berdiri pada tanggal 13 Agustus 1993. Cikal bakal kegiatan CSR adalah kegiatan community seputar asset perusahaan. Aset yang dimaksud adalah berupa BTS, Kantor, Warehouse maupun Gerai. Perusahaan secara konsisten melakukan kegiatan kemasyarakatan dan memberikan manfaat bagi lingkungan. Konsep perusahaan adalah dimanapun mereka berada harus memberikan manfaat kepada masyarakat luas. Beragam kegiatan community telah dilakukan seperti kegiatan prasarana umum, bantuan sosial, maupun kegiatan bidang religi. Hasilnya cukup nyata yakni terjalinnya hubungan yang harmonis antara masyarakat dan perusahaan. Kedua bihak dapat memetik manfaat (mutual benefit) dari keberadaan perusahaan dilingkungan mereka.

Seiring berkembangnya perusahaan dengan operasional nasional maka kegiatan CSR diperluas tidak hanya dalam bidang community namun juga bidang Pendidikan, Lingkungan, Volunteer dan Tanggap Bencana. Kesemua bidang CSR tersebut telah dilaksanakan baik secara nasional maupun per area. Fun Science adalah kegiatan CSR Pendidikan yang sudah dilaksanakan secara nasional.

Fun Science merupakan kegiatan sains yang dikemas secara menyenangkan baik dengan games, kuiz maupun eksperimen sederhana. Bahan dan Materi yang digunakan diambil dari bahan sekitar seperti dapur rumah maupun bahan yang mudah diperoleh di warung. Target dari Fun Science adalah murid SD kelas 3 sampai kelas 5. Dalam satu sesi kegiatan biasanya siswa yang terlibat sekitar 60 sampai 80 anak. Guru-pun dilibatkan dalam kegiatan ini guna memberikan insipirasi mereka mengembangkan metode pembelajaran yang semakin sempurna.

Esia juga menggandeng praktisi pendidikan yang telah mendapatkan berbagai penghargaan nasional guna mendukung kegiatan ini. Tim yang diterjunkan adalah mereka yang berlatar belakang pendidikan dan lingkungan yang telah malang melintang di berbagai ekspedisi, observasi, kampanye, pelatihan, konselor di bidang sains dan lingkungan secara nasional.

Esia Fun science telah mengalami perkembangan yang cukup pesat. Tidak hanya kegiatan sains di sekolah tersebut namun juga menggandeng institusi/perguruan tinggi guna memberikan motivasi dan inspirasi siswa SD. Misalnya pada kegiatan Fun Science di Surabaya, turut digandeng tim Robot dari PENS ITS. Sebagaimana diketahui tim Robot PENS ITS ini selalu menjadi langganan kejuaran contest robot nasional dan bahkan tahun 2008 kemarin mereka menyabet juara-2 kejuaran contest robot Asia Pasifik yang diikuti oleh negara maju seperti Jepang, China, Korea, India, Taiwan dan sebagainya. Mereka pantas dibanggakan atas prestasi dalam kancah nasional maupun internasional. Sesi Fun Science di Surabaya yang telah dilakukan sebanyak dua kali menampilkan demo robot di depan siswa. Antuisasme terpancar dari wajah dan gerakan para siswa. Berbagai pertanyaan spontan dilontarkan oleh siswa melihat demo yang jarang mereka alami. Tidak kurang dari Deputy President dan Director PT Bakrie Telecom, Tbk.,- Bp. Erik Meijer dan Bp. Rakhmat Junaidi-pun berkenan hadir dalam kegiatan tersebut.

Fun Science berikutnya merupakan kolaborasi antara Divisi Marketing, Corcomm dan TPI yang mengambil sekaligus sebelas SD secara nasional. SD yang dipilih umumnya diprioritaskan dari yang berprasrana menengah – bawah. Hal ini sangat sinkron dangan misi CSR bahwa kegiatan diutamakan bagi mereka yang memang membutuhkan. SD dengan prasarana yang masih minimal menjadi target utama karena dalam Fun Science ini sekaligus disumbangkan alat peraga anatomi dari telepon. Memang sebagian misi Fun Science selain Sains secara fun juga memperkenalkan kepada anak didik cara kerja dari telekomunikasi. Mengutip ungkapan dari salah satu Director bahwa para siswa di-encourage untuk belajar dan makin memahami dunia telekomunikasi. Diharapkan kelak akan lahir ahli-ahli bidang telekomunikasi dari siswa-siswa yang sudah diberikan inspirasi pembelajaran sains dan telekomunikasi tersebut.

Secara roadshow telah dilaksanakan kegiatan Fun Science di Surabaya, Bogor, Bandung, Jakarta, Makasar, Jogyakarta, Palembang, Medan, Bekasi, Padang dan yang terakhir kemarin dilakukan di MI Al Iman di Gunung Pati Semarang. MI tersebut hanya berlokasi sekitar 500 meter dari MSC Semarang. Untuk kegiatan Fun Sciende di sekolah Global turut digandeng tim robot dari Universitas Indonesia (UI), sementara untuk Fun Science di Padang adalah bentuk kolaborasi dengan PMI (Palang merah Indonesia).

Dalam Fun Science di Semarang kegiatan tersebut diadakan bekerjasama dengan ANTV dalam rangkaian kegiatan CSR Infaq Esia Hidayah kepada Majelis Ulama Indonesia (MUI) yang dilaksanakan sehari sebelumnya di Pesantren Grinsing, Batang, Jawa Tengah.

Sampai saat ini sudah 16 SD yang tersebar secara nasional dilakukan Fun Science yang ber-Tag Lines “Belajar Telekomunikasi Bareng ESIA Bikin Sains Makin Asik”. Viva dan sukses Esia Fun Science!

1 comment:

firmansyah said...

heubattttt dan muantabbb teruskan! lanjutkan!