Wednesday, August 26, 2009

Bispak Esia


Belum lama ini salah satu operator telekomunikasi CDMA meluncurkan product tariff barunya yang dinamakan Bispak, kepanjangan dari Bisa Pakai Tarif Manapun. Pagi-pagi berbagai reaksi dan tanggapan-pun diarahkan ke operator yang mengusung produk Esia, Wifone dan Wimode. Reaksi datang dari berbagai sumber seperti media, pengamat maupun individu. Bentuk reaksi ini ternyata ada yang kurang sependapat karena konotasi Bispak selama ini, namun ada juga pengamat yang tidak merasa keberatan dan melihat ini sebagai strategi bisnis belaka..

Secara umum reaksi yang tidak setuju dan keberatan karena mengangap Bispak berkonotasi negative dan kurang mendidik masyarakat luas. Ada juga yang berpendapat slogan atau tag lines ini kurang pas diluncurkan saat masyarakat sedang melaksanakan ibadah puasa. Para pengamat juga mengkhawatirkan strategi slogan Bispak ini akan mendapat counter dan balasan dari operator lainnya, dan dikhawatirkan hal ini semakin memicu persaingan bisnis seluler semakin sengit..

Istilah/slogan Bispak dikhawatirkan akan memicu reaksi dan persepsi pasar yang kurang baik. Barangkali timbul juga wacana apakah slogan ini melanggar etika bisnis atau kesantunan bisnis. Apakah slogan ini merupakan bentuk puncak persaingan bisnis seluler yang sangat ketat. Dengan jumlah 10 operator secara nasional maka disadari atau tidak persaingan mulai mengarah kepada peperangan tarif / price war dan perang layanan. Beragam strategi disusun dan digelar oleh operator untuk merengkuh konsumen yang barangkali sudah semakin jenuh. Sehingga Esia – operator CDMA yang secara cukup mengejutkan melempar produk berlabel Bispak praktis menjadi pusat perhatian dan sasaran tembak. Barangkali banyak pertanyaan yang muncul, apakah Esia sudah kehabisan strategi sehingga memunculkan slogan yang aneh-aneh. Tentunya semua pihak sah dan bebas menyampaikan opininya, namun barangkali kurang bijak bila menjustifikasi/menghakimi hanya karena istilah atau dampak dari persaingan.

Kita bisa coba mencermati, Bispak atau Bisa Pakai Tarif Manapun yang telah dikeluarkan operator ESIA dapat mencuri perhatian dan menguntungkan pasar. Operator ini merupakan salah satu perusahaan telekomunikasi yang tergolong inovatif dan kreatif sejak awalnya. Tentunya kita belum lupa saat Esia mencanangkan konsep talktime sebagai pengganti pulsa. Talktime dimaksudkan memudahkan konsumen mnghitung waktu bicaranya, ketimbang istilah abstrak, pulsa. Esia juga sebagai operator pelopor tariff murah, yakni sejak dilaunching tahun 2003, menerapkan tariff fenomenal, Rp. 50 per menit, atau Rp. 1000,- per satu, artinya terdapat diskon Rp. 2000,-.

Esia juga pionir dan kreatif menciptakan tariff sms yakni sebesar Rp. 1,- setiap karakter ke semua operator. Tariff ini merupakan tariff unik tidak saja secara nasional bahkan secara global. Berikutnya adalah startegi bundling Esia yang kesohor dengan penawaran berbagai handset yang harganya terjangkau dengan fitur berbagai pilihan. Ada Esia Hidayah, Esia Merah Putih, Esia Kasih, Esia Kilau, Esia Ngoceh, Esia Slank, Esia Bali, Esia Merdeka, Esia Fu, dan yang terakhir adalah Hidayah Syiar dan Hidayah Plus.

Yang masih hangat adalah Esia meluncurkan Bispak – Bisa Pakai Tarif Manapun – belum lama ini- yang dimaksudkan untuk memberikan persaingan tariff terhadap operator lainnya. Esia justru ingin memihak kepada pasar dan memberikan keuntungan konsumen menikmati tariff yang paling murah diantara semua operator. Sehingga berbagai inovasi yang sudah diluncurkan dan mendapat antusisme pasar terbukti menguntungkan. Slogan Untung Pakai Esia, justru secara konsisten dipertahankan dengan merilis berbagai produk yang pro konsumen. Tarif voice, sms, bundling dan tariff tandingan Bispak dapat dilihat secara cermat sebagai tariff yang membela kepentingan konsumen. Barangkali belum lupa bagaimana awalnya tariff seluler yang mahal dimana konsumen harus membayar ratusan ribu sampai jutaan rupiah setiap bulannya. Dengan gebrakan Esia tidak dipungkiri merupakan breakthrough – terobosan konsumen mendapatkan tariff yang wajar dan murah.

3 comments:

Anonymous said...

Hi, itu tarif bispakny berlaku ke operator lain or sesama esia az ? ga lengkap deh

Anonymous said...

Nice post. I was checking continuously this blog and I'm impressed! Extremely helpful info specially the final phase :) I deal with such info a lot. I used to be seeking this certain info for a very lengthy time. Thank you and good luck.

Also visit my web-site - ford ranger Forum

Anonymous said...

Hurrah, that's what I was searching for, what a material! existing here at this web site, thanks admin of this web page.

Feel free to visit my web site - ford ranger forum