Thursday, September 28, 2006

Magic World

Seorang trainer property mengatakan bahwa magic world akan membantu pemasar maraih target pelanggan yang diinginkan. Sebagai ganti menyebut produk property baik rumah, apartemen maupun property lainnya bisa digunakan magic wolrd semisal “program”. Jadi seorang pemasar bisa mengatakan kepada calon pembeli misalnya, kami memiliki program hunian yang aman, nyaman dan terlengkap fasilitasnya. Dengan uraian program hunian maka calon pembeli digiring mengubah mindset bahwa apa yang dibicarakan tidak sekedar rumah namun juga lingkungan dan fasilitasnya. Magic wolrd program juga dapat terus dikembangkan sesuai minat dan ketertarikan dari pembeli. Bila pembeli adalah seorang pemeluk agama taat, maka bisa ditambahkan bahwa program hunian juga bernuansa religi dan memberikan seluasnya fasilitas yang nyaman dalam beribadah.

Berikutnya mengenai bahasan harga atau seputar uang yang akan dibayarkan pembeli pada saat setuju membeli. Sebaiknya tidak digunakan istilah uang atau pembayaran namun bisa digunakan kalimat “investasi yang bapak/ibu tanamkan kami jamin akan aman dan terus berkembang”. Di sini calon pembeli diarahkan tidak sekedar mengeluarkan sejumlah uang guna membeli rumah dan that’s it, namun lebih sebagai langkah investasi dimana terkandung pengertian nilai dari property yang dibeli tidak akan hilang.

Banyak pembeli property yang akhirnya kecewa manakala proses transaksi selesai dan mulai menempati rumah/apartemen/ruko-nya namun keluhannya jarang ditanggapi secara memuaskan. Di sini selain memang dibutuhkan bukti dan komitmen yang kuat, magic world dapat juga digunakan misalnya, “kami selalu menjamin bahwa investasi dari bapak/ibu akan kita jaga komitmen-nya secara berkelanjutan”. “Meskipun nantinya bapak/ibu sudah selesai transaksi namun komitmen kami akan tetap serta menjamin kepuasan seluruh pelanggan kami”.

Magic world sangat sering digunakan tidak hanya dalam proses pemasaran rutin sehari-hari namun juga dalam slogan suatu produk. Pada produk otomotif sering kita dengar misalnya kijang memang tiada duanya, atau belakangan menjadi kijang adalah kesempurnaan setiap keluarga. Dalam perbankan akrab kita dengar slogan, kami memahami kebutuhan anda, atau produk kami adalah media kenyamanan anda dan seterusnya.

Pada dasarnya sebagi orang timur factor empati dan ingin dihargai begitu kental terpatri dalam benak setiap orang, sehingga dengan menggali-nya tidak mustahil akan dapat meyakinkan calon pembeli yang kita targetkan. Kata-kata, pujian tulus dan kemahiran menyusun kalimat akan dapat membantu seorang penjual/pemasar menuju momen traksaksi. Karena pada dasarnya menjual tidak sekedar produk kita laku, namun lebih merupakan pemenuhan kebutuhan pelanggan termasuk dinamikanya. Jadi focusnya bukan sekedar kita menjual namun bagaimana memenuhi kebutuhan pembeli, sehingga berbagai kegiatan yang dilakukan harus dimulai dan prioritas dari sisi dan kepentingan pembeli.

No comments: