Wednesday, November 22, 2006

Agnes Dan Anggun

Cukup menarik tayangan TV yang mencoba mengangkat dua bintang muda kita yakni Agnes Monica dan Aggun Cipta Sasmi. Agnes monica, siapa yang tidak tahu artis muda berbakat yang begitu ingin goes international. Berbagai ajang mulai dari nyanyi, pemeran sinetron maupun dunia showbiz lainnya telah ditekuninya. Agnes adalah symbol dari profil artis modern kita. Penampilannya baik di TV,on stage, baik on air maupun off air semakin mengokohkan seperti apa figure dari artis muda ini. Tidak kurang, dengan dimanajeri oleh kakak kandungnya sendiri Agnes mencoba goes to Negara asia lainnya macam Singapura atau Taiwan dalam upaya memuluskan niatnya goes international tadi.

Anggun adalah profil artis muda era sebelumnya. Ketenaran Anggun-pun tidak kalah dibanding Agnes. Bahkan Anggun sudah terlebih dahulu goes international ketika memutuskan married dan hijrah ke Prancis. Sebelumnya Anggun-pun sudah cukup diperhitungkan di tanah air. Beberapa albumnya mencatat penjualan cukup bagus dan lagu-lagunya banyak yang menjadi hits. Tahun 1990-an Anggun pernah diundang di kampus kita di Solo. Saat itu usianya baru tujuh belas tahun dan ia tampil cukup memukau di stage kampus kita. Saya ingat Anggun mengenakan baju rocker bermotif kulit matahari, hmm energik sekali kala itu.

Beberapa waktu kemudian dalam masa hijrahnya ke Prancis mulai keluar lagu-lagu Anggun dalam bahasa Inggris. Barangkali puncaknya, bagi penikmat musik tanah air, adalah ketika Anggun mengadakan konser-nya di Jakarta. Dengan kematangan vocal dan action stage-nya. Anggun menuai kesuksesan di JHCC Jakarta. Tentunya kiprahnya di Eropa atau tempat lain juga cukup banyak mengingat Anggun tetap produktif sebagai penyanyi.

Membandingkan Anggun dengan Agnes memang menarik dimana usia keduanya beda 11 tahun yakni 32 dan 21 tahun. Apakah dengan waktu 11 tahun tersebut Agnes akan dapat menyamai atau melebihi prestasi Anggun saat ini tentunya masih harus dibuktikan. Keduanya memiliki kelebihan masing-masing baik olah vocal maupun action stage-nya. Vocal Anggun tidak dipungkiri memiliki ciri khas dan dianggap bagus bagi kebanyakan orang. Action stage-nya juga makin matang, meskipun tidak seagresif Agnes. Sebaliknya vocal Agnes boleh dikatakan “biasa” saja sementara gaya panggung terutama tariannya begitu agresif ala Britney Spears.

Terdapat perbedaan dari kedua bintang tersebut dimana hijrahnya Anggun ke Prancis nampaknya alamiah karena takdir jodohnya dengan orang asing. Keberhasilan goes international Anggun juga terbawa jalan hidupnya yang menjadi istri bahkan warga Negara asing di benua Eropa tersebut. Kondisi tersebut makin memberikan kesempatan seluasnya bagi Anggun mencapai prestasinya. Sementara Agnes terkesan “memaksakan” bahwa untuk goes international haruslah pergi ke luar negeri meski katakanlah prestasi di tanah air belum optimal. Kiranya apakah yang menjadi produk unggulan dari diri Agnes? Kemudaan, kecantikan, kesegaran dan bakat aksi panggungnya memang mendukung. Namun manakala kita melihat prestasi menyanyi-nya apakah sudah bisa dikategorikan sukses? Tentunya terdapat banyak penilaian dalam hal ini dimana ada yang sepakat dia sudah sukses sebagai penyanyi maupun dia masih biasa saja.

Bahwa menjadi bintang yang sudah mendunia memang bukanlah mudah dan hanya perlu kerja asal-asalan. Michael Jackson, Britney Spears maupun Mariah Carey membutuhkan bakat hebat dan waktu bertahun-tahun untuk dapat mendunia. Seorang bintang atau artis dunia juga tidak semestinya instant dan dipaksakan.

2 comments:

Anonymous said...

Betul sekali Pak, untuk mengapai bintang di perlukan kerja keras dan do a tidak hanya bermodal uang, kecantikan dan embel -embel gelar.

salam
pepe

Anonymous said...

Betul sekali Pak, untuk mengapai bintang di perlukan kerja keras dan doa (adalah kekuatan jiwa tiada akhir) tidak hanya bermodal uang, kecantikan dan embel -embel gelar.

salam
pepe