Monday, August 03, 2009

IIMS 2009



Bertempat di Pekan Raya Jakarta (PRJ) dilakukan International Indonesia Motor Shown (IIMS) 2009 yang pertama setelah sebelumnya biasa dilaksanakan di Senayan. Gelaran IIMS yang sudah memasuki usia 17th ini dilakukan selama 10 hari yaitu dari tanggal 24-Juli sampai dengan 2-Agustus-2009. Penamaan perhelatan tahunan nasional sector otomotif tersebut sebelumnya ada yang menyebut Gaikindo Expo, karena juga didukung oleh asosiasi otomotif nasional. Harga tiket masuk hari biasa adalah 20 ribu rupiah sementara weekend berharga 30 ribu rupiah.

Mengapa lokasi pameran dipindahkan ada beberapa alas an. Senayan yang bertempat di tengah kota merupqakan titik sibuk rawan kemacetan, sehingga setiap ecent berpotensi jalan sekitarnya menjadi macet. Berbeda dengan Kemayoran yang berlokasi agak dipinggiran, area Jakarta Utara dan mudah dicapai melalui jalan tol outer ring road Jakarta. Dari luas lahan juga Senayan kalah ketimbang Kemayoran. Prasaran pendukung seperti luas parker pengunjung juga lebih nyaman dan luas Kemayoran. Tambahan, Kemayoran yang biasanya digunakan sebagai tempat PRJ, sudah semakin rapid an representative sehingga sudah waktunya siap sebagai ajang pameran bertaraf internasional.

Sebagaimana secara rutin setiap tahun peserta pameran adalah industri otomotif nasional. Kali ini pesertanya meliputi, Hino, BMW, Mercy, Isuzu, VW, Ford, Proton, Daihatsu, Jaguar, Toyota, Honda, Hyundai Audi, Nissan Diesel dan Mitsubishi. Tidak ketinggalan pula Importir Umum yang memajang mobil ekslusivenya seperti Ferari, Bentley, Maybach, Lambogirni, Jeep Limausin yang panjangnya 9 meter, dan Cadillac. Beberapa brand roda dua juga hadir seperti vespa piagio, Yamaha maupun motor besar seperti Harley Daividson. Nampaknya ada beberap brand yang tidak hadir kali ini seperti Suzuki, Mazda, Peugeot dan Nissan non Diesel.

Sementara di hall sekitar bertebaran pameran asesoris otomotif, audio mobil maupun produk kaca film dan asesoris lainnya..Gelaran kali ini juga diramiakan bergama komunitas otomotif, baik modifikasi maupun brand tertentu. Ajang ini juga dihebohkan dengan adanya drifting yang diikuti mobil beragam merk yang sudah dimodifikasi sedemikan rupa sehingga bias melakukan drifting yang dipopulerkan oleh Jepang tersebut. Sehinggan pengunjung dengan sekali membayar sudah bebas untuk menjelajah seluruh area pameran baik halaman terbuka, ruang pamer tenda, berbagai cluster pamer asesoris maupun hall utama yang menyuguhkan beragam mobil baru.

Beberap ayng patutu dicatat adalah hadirnya mobil mungil hasil karya anak negeri yang diberi judul UPV. Terpampang juga sebuah kendaraan formula A-1 yang tenar dengan sebutan Indonesia On The Move. Sementara sebuah merk rokok memajang hasil modifikasinya seperti Toyota supra, Honda Jazz, Innova maupun jenis prostock yang mesinnya menyembul di atas kap mesin. Unggulan dari kubu VW adalah MPV Touran yang berkapasitas 7 seater dan VW Polo putih modifikasi yang sudah terjual.Dari kubu Dahitsau terpampang unit Boon Luminas juga berkapasitas 7 seater. Daihatsi belum bisa memastikan apakah Boon akan segera dipasarkan dalam waktu dekat atau belum. Mitsubhisi memamerkan mobil listriknya MIEV dan jagoan barunya Pajero Sport. Dari Isuzu memajang MU-7 yang merupakan SUV besar dengan kapasitas 7 seat.

Dari kubu Toyota ada unit mungkin berpakasitas 3+1 yang diberi judul IQ dan juga new Camry, sementara Honda mengunggulkan Freed, mobil MPV medium berkapasitas 7 orang. Proton kali ini menunggulkan Exora, yang terlihat mirip Mitsubishi Grandis yang jelas berjenis MPV dengan lagi-lagi 7 seater.

Belum diperoleh informasi yang pasti namun melihat pasar dan penurunan daya beli nampaknya pabrikan peserta pameran akan berat mencapai target penjualan selama pameran ini. Diperkirakan target penjualan selama pameran akan jauh di bawah perolehan tahun 2007 atau 2008. Hal ini selain karena masih terjadinya krisis ekonomi, juga harga mobil semakin mahal, model baru yang ditawarkan sedikit maupun spending masyarakat buat biaya tahun ajaran baru sekolah bulan Juli.

Hal menarik lainnya adalah tema dari pabrikan otomotif kali ini adalah seputar pengurangan emisi gas buan, penghematan bbm, penghijauan lingkungan atau green environment sebagaimana warna dominant dari stage Toyota, maupun desain daur ulang dari kubu Honda. Tidak ketinggalan pegiat lingkungan nasional Dick Doang hadir bersama anak-anak di sebuah panggung, mengkapamnyekan dunia hijau, daur ulang dan pesan untuk lebih mencintai lingkungan hidup.

No comments: